Thursday, October 28, 2010

#16 Variasi Rasa Aneka Masakan Dunia Di Dapur Kita: Cara Menarik Kehangatan dan Cinta Anak Dan Suami




Pernahkah terpikir oleh kita bahwa dapur kita adalah daerah yang paling sering dikunjungi oleh rasa ingin tahu anak-anak, suami hingga mertua dan tetangga kita? Kadang karena kesibukan kita, dapur semakin jarang kita kunjungi karena sudah ada yang membantu kita menangani masalah masak memasak ini. Kadang karena terbatasnya luas dapur kita dan juga karena terbatasnya waktu, sarana dan keuangan keluarga, membuat kita enggan untuk bereksperimen dengan berbagai resep baru.
 
Namun sebenarnya dapur adalah jantung keluarga yang memberikan aliran kehangatan dan energi di dalam rumah dan dapat menjadi salah satu sarana untuk mempererat komunikasi dan keintiman di dalam rumah tangga.

Meskipun banyak keluarga yang menyukai quality time bersama keluarga untuk aktivitas di luar rumah, seperti jalan-jalan dan makan bersama keluarga, tidak kurang pula keluarga yang meluangkan waktu keluarga lebih banyak di dapur daripada di ruangan lain di dalam rumah.
Ada beberapa tips untuk menjalin cinta dan kehangatan di dalam rumah, melalui sarana dapur dan aneka resep dunia :
  1. Jadikanlah dapur menjadi tempat aktivitas yang menarik, minimal untuk memasak setiap hari. Bagi yang berminat, dapur dapat menjadi tempat aktualitas diri, menjadi tempat untuk sarana hobi, dekorasi, hingga tempat multi fungsi keluarga. Bagi yang sibuk, minimal luangkan waktu khusus misalnya setiap hari Minggu untuk membuat zone My Own Family Kitchen, saat dapur hanya thok dirajai oleh diri sendiri dan keluarga. Aroma masakan yang menyebar dari dapur pasti akan mengundang datangnya kaki-kaki kecil yang ingin tahu apa yang sedang dilakukan oleh Ibunda mereka, selain itu juga akan mengundang suami tercinta melongok ke dapur sekedar memenuhi rasa ingin tahu.
  2. Bila anak-anak sudah terbiasa dengan pattern baru keluarga, ajaklah mereka untuk ikut berpartisipasi. Dapat dilakukan dengan membuat aktifitas yang anak-anak dapat lakukan sesuai umur mereka. Dari membuat cookie atau cup cake , atau mini pizza bersama, hingga membuat kue besar atau hidangan lain sesuai selera bersama.
  3. Untuk menarik hati suami, cobalah masak makanan favorit suami yang sering diincar suami bila makan bersama di luar rumah. Bila perlu cari informasi resep dan trik/rahasia masakan dari sang penjual.
  4. Tidak suka masak ? Tidak bisa masak ? Tak interest dengan masak-memasak ? No problem. Siapa tahu suami dan anak-anak yang suka memasak atau interest dengan masak-memasak. Kita malah bisa bertindak sebagai supervisor atau manager yang memfasilitasi atau menyediakan semua sarana dan alat serta bahan-bahan. Atau bila tak ada yang berminat satupun di dalam keluarga, namun masih ingin mencoba masakan baru tanpa harus keluar rumah, bisa dilakukan dengan menyediakan tempat bagi keluarga atau teman yang hobi masak untuk masak dan makan bersama. Belajar langsung dari yang menguasai jauh lebih baik dari bereksperimen sendiri.
  5. Carilah resep-resep aneka rasa yang akan dicoba, bicarakan bersama suami dan anak-anak untuk menggugah rasa ingin tahu mereka. Bila mencoba resep baru yang masih asing dan unik buat kita, mencari bahan-bahan masakan di berbagai pelosok pasar atau supermarket dapat menjadi aktivitas sendiri yang menyenangkan buat anak-anak. Berikanlah shopping list kepada anak-anak, sehingga mereka merasa diri mereka penting dan sekaligus mengajarkan rasa tanggung jawab tanpa membebani mereka, dengan memberikan kesenangan game search and find pada mereka.
  6. Berikan budget khusus untuk resep baru yang dapat dialihkan dari budget makan bersama di luar rumah.
Dengan berjalannya waktu, dapur kita pun semakin beragam dengan berbagai aroma, rasa, tekstur dan bahan masakan, yang tidak hanya mewakili aneka rasa berbagai suku di tanah air Indonesia, tetapi juga berbagai rasa berbagai bangsa di dunia.
Dari mengenal rasa masakan, keluarga dapat kita ajak untuk mengenal budaya, bahasa dan kehidupan di berbagai bangsa. Kita semua dapat bersama-sama belajar bersama-sama, menelusuri berbagai informasi mengenai bangsa-bangsa asal masakan tersebut, baik melalui buku, majalah, atlas, internet, musik lagu maupun foto-foto yang bisa kita lihat. Pengenalan berbagai bangsa dan budaya beserta kehidupan bangsa lain akan memberikan pengaruh yang sangat positif bagi anak-anak, sekaligus menumbuhkan kreativitas dan keinginan bereksplorasi akan pengetahuan yang baru. Berawal dari sini bisa kita bukakan cakrawala pemikiran dan pengetahuan dan berbagai minat dan bakat anak-anak yang selama ini mungkin masih terpendam. Membaca, menulis, membuat scrap book/ kliping, fotografi, musik/nyanyi, travel, kulinari, jelajah/ekspedisi, science, dan berbagai kemungkinan minat anak-anak dan keluarga yang bisa dikembangkan bersama.
Beberapa variasi masakan yang dapat dicoba bersama keluarga di rumah:
  1. Aneka Masakan Barat: Masakan Italia, Perancis, Belanda, Spanyol, Portugis, Inggris, Amerika, Belgia, Jerman, Denmark, Swiss dll.
  2. Aneka Masakan Asia: Masakan China, Jepang, Korea, Mongolia, Filipina, Malaysia, Singapura, Thailand, Vietnam, Kamboja, Laos, Myanmar dll
  3. Aneka Masakan Asia Selatan : India, Pakistan, Srilangka, Bangladesh, Nepal, Tibet, dll
  4. Aneka Masakan Afrika: Somalia, Kenya, Ethiopia, Ghana, Zimbabwe, Sudan, Niger, Ivory Coast, Tanzania, Aljazair, Tunisia, dll
  5. Aneka Masakan Jazirah Arabia: Saudi Arabia, Kuwait, Jordan, Syria, Maroko, Palestina, Libanon, Irak, Iran, dll
  6. Aneka Masakan Rusia: Rusia, Ukraina, Belarusia, Kadzakhstan, Uzbekhistan, Siberia, dll
Happy Fun Cooking and Exploring…..
Hani

Louisville, September 2005

No comments:

Post a Comment