Thursday, October 28, 2010

#18 Pomegranate Juice



Pomegranate ini di negara kita dipanggil dengan buah delima. Ada buah delima merah, ada buah delima putih. Entah kenapa, sejak kecil kita serumah yang hobi dengan segala buah-buahan dan sayuran apapun.....sudah mengkonsumsi buah ini.

Sampai-sampai bapak menanam pohonnya bersebelahan dengan pohon sirsak, rambutan, mangga, jambu cingcalo, belimbing wuluh, pepaya, hingga singkong dan palem sebelah bersebelahan dengan bunga-bungaan dan tanaman hijau kesayangan bapak. Sayangnya sekarang tinggal kenangan....Demi sepetak rumah yang selalu menuntut perluasan seiring dengan perkembangan jumlah anggota keluarga, petak-demi petak halaman dan pohon buah-buahan berganti dengan bangunan yang hanya menyisakan ingatan akan pepohonan tersebut. Apa boleh buat, jadilah keluarga kita langganan setia tukang buah.

Setiap hari selalu ada pisang aneka rupa, dari pisang Ambon, pisang Raja Sereh, pisang Susu, Pisang Tanduk hingga pisang Hijau. Belum lagi Pepaya yang setiap hari selalu diantar oleh tukang buah pesan tidak pesan. Ke dua jenis buah ini tak pernah lepas dari hidangan. Alangkah inginnya kembali mempunyai pohon buah-buahan. Tak perlu menunggu tukang buah mengantarkan Nangka, Cempedak, Sirsak, Jambu Klutuk, Jambu Air, Mangga,hingga Melon dan Semangka. Apalagi buah Salak, Duku, Durian, Rambutan, Manggis, Timun Suri. Kecuali Apel,dan Anggur serta Pear yang harus beli di pasar besar atau supermarket, tukang buah langganan kita bisa lebih lengkap ragam hantarannya daripada kios buah sekalipun.

Ibuku yang hobi olahraga dan sangat memperhatikan kesehatan, termasuk orang yang selalu mengikuti perubahan di dalam trend kesehatan. Begitu ada terapi kesehatan dengan minum jus buah dan jus sayuran setiap hari, jadilah budaya makan buah semakin bergeser ke budaya minum jus. Ibu sampai membeli juicer khusus untuk membuat jus aneka rasa. Di tahun 90-an, Ibu malah sampai ikut kursus membuat jus anera rupa, baik dari jus buah hingga jus sayuran.

Aduh, kalau ingat hampir setiap hari aku berangkat kuliah dicekoki jus kentang, jus wortel, jus pepaya dan masih minum kunir asem. Adikku merem melek kalau minum jus wortel. Segitupun, dia ngegaya minum jusnya kalau teman-teman genknya pada main di rumah. Ya ampun....ternyata mereka yang ibu bapaknya supersibuk dan hanya makan masakan PRT begitu terkesan....Jadilah, setiap datang mereka menjadi langganan setia segala eksperimen ibuku hihihihi.....yang hobi masak dan hobi mencoba segala trend kesehatan.

Dari segala jenis buah-buahan yang ada, selain mangga aneka rasa kesayangan bapak, buah yang menempati posisi istimewa di rumah adalah buah delima dan manggis serta sirsak dan klengkeng. Yang jelas, buahnya sulit diperoleh. Lalu dicari kemanapun kalau sedang bukan musimnya nggak bakal dapat.

Entah kenapa, aku yang doyan buah delima dari kecil.....nggak pernah berkurang rasa sukaku pada buah satu ini. Kemanapun aku pergi, ke sana pula delima kucari dan ....Alhamdulillah dapat kuperoleh. Kadang sampai malu, kalau lihat buah delima tetangga merekah, soalnya sampai miring-miring kutengok. Eh, nggak tahunya yang punya rumah nongol, sampai bilang :"Mbak, kalau mau buahnya ketok aja, nanti Tante ambilin. Kan banyak durinya. Tuh, udah ada yang merekah.....sini mampir dulu." Kadang begitu malunya, aku buru-buru berlalu. Eh, pulangnya, sudah ada buah delima di atas meja makan."Dari Tante di pojok jalan, Han."

Karena jarang ada yang menjual delima di pasar atau supermarket saat itu...jadilah aku getol ngedatangin nujuh bulannya ibu-ibu. Kan pasti di dalam rujakannya ada delima! Sampai ibu-ibu teman arisan dan pengajian ibuku pada hafal. Kalau ada yang mau nujuh bulan selalu nitip pesan ke ibuku biar aku juga datang. Kadang malah entah dari mana aja ada yang ngirim rujak buah dengan buah delima!

Belakangan sejak menjelang tahun 2000-an ternyata banyak delima Cina yang besar-besar dan berwarna merah Burgundy dapat kuperoleh di Carrefour atau sekedar Pasar Mayestik. Happynya! Selama di Jepang, memang selalu kusisihkan budget untuk membeli delima Cina ini.Mahalnya! Sampai makannya kuirit-irit. Satu buah delima bisa sama dengan buah Apel Fuji 5 biji. Jadilah satu delima kupotong 4 atau 5 bagian.Memotongnyapun nggak bisa pakai pisau, harus kita rekah pakai tangan, supaya biji-bijiannya nggak hancur. Kadang memang nggak sabaran makanin satu persatu biji-bijian delima. Akhirnya aku pakai saringan teh dan kuambil sari delimanya. Keburu pegel..hehehehe.....satu bijipun dapatnya nggak sampai setengah gelas, akhirnya balik deh ngunyahin biji-biji delima lagi.

Sampai kini aku masih menjadi delima hunter yang setia. Setiap Asian/Oriental Market, Latino Market sampai Whole Market, kalau ada delima minimal 2 buah delima setiap minggu jadi santapanku dan suami! Ternyata,suamiku pecinta delima pula. Sebelnya......karena dia makannya lebih cepat dan bijinya ikut ditelan, jadinya bagian dia selalu lebih banyak dari bagianku.
Akhirnya tibalah suatu hari daku di satu Whole Market dekat tempat tinggal kita di 1st Avenue NY. Berbinar-binar mataku melihat POMEGRANATE JUICE 100%. Alhamdulillah, seperti melihat anugrah turun dari langit! Jus delima dalam botol, asli nggak perlu ngunyah lagi. Terimakasih Ya Allah......ini baru namanya penemuan. Satu botol, $3.59 memang mahal, tapi kalau dihitung-hitung 1 butir delima segar bisa $4.59 per pound/lbs. Padahal banyak jusnya belum tentu sebanyak jus dalam botol 16oz.

Mengharubiru hatiku melihat Pomegranate Juice. Ingat pesan nenekku...perempuan harus rajin makan delima kata beliau. Bagus untuk perawatan tubuh, kandungan, kewanitaan dan kesehatan perempuan. Beliau nggak pernah sekolah umum, cuma sekolah madrasah zaman dulu. Begitupun, beliau sangat patuh pada suami dan ibu mertuanya.Nenek Buyutku dan Kakekku dianggap Healer di kampung mereka. Segala ramuan, jamu, sampai air putih yang dibaca-baca doa dan ayat Al Qur'an merupakan warisan nenek moyangku.... Sayangnya ibuku adalah pemberontak tradisi, yang boro-boro percaya segala hal seperti itu. Jadilah pesan nenek ini kudapat sewaktu Nenekku masih hidup dan datang berkunjung ke rumah.

Kalau kutahu, Pomegranate Juice ini King of Antioxidant sejak dulu.....sebagaimana penemuan terakhir para ilmuwan mengenai jus delima ini...Sayangnya Nenekku sudah tiada, apalagi Nenek Buyutku dan Kakekku.....Ibuku tak tahu sama sekali mengenai segala tetek bengek ramuan dan jamu serta pengobatan alamiah nenek moyangnya....Padahal Nenek Buyutku sampai berumur 125 tahun saat beliau meninggal.Nenekku meninggal menjelang umur 90 tahun. Mata awas, daya ingat dan daya pikir bagus, tidak tuli dan mata tak rabun tanpa kaca mata sama sekali.

Kemana harus kugali kembali...segala rahasia pengobatan nenek moyang? Sayang sekali.....Kini aku hanya menjadi konsumen bukan produsen....Konsumen Pomegranate Juice 100%.

Buat mereka yang ingin awet muda, kuat dan sehat kandungan, menstruasi lancar dan mencegah penyakit jantung, kanker dan penyakit ketuaan....Kuajak minuk Pomegranate Juice 100%.Buat bapak-bapak pun bisa membuat jantung sehat, aliran darah lancar, mencegah jantung koroner dan awe muda ding! Lha kan sudah diproklamasikan scientist sebagai KING of ANTIOXIDANT!

Daripada kebanyakan suplement dan mikir mau Botox atau Facelift dihari tua, mulai sekarang saja kita rame-rame minum Pomegranate Juice eh Jus Delima......Buat ibuku, kalau baca ini biar beliau tersenyum. Siapa tahu jadi menggugah ibunda menggali kembali rahasia pengobatan alamiah nenek moyangnya. Btw, ibuku sekarang sudah jadi instruktur Senam Pernafasan Mahatma! Baru masuk tahun kemaren ding! Bravo! Apalagi kalau ibunda mau minum Jus Delima setiap hari.......
Louisville, 2005

No comments:

Post a Comment